Surat dari Manusia Tahun 2070

Yth. Manusia di tahun 2010
Aku hidup di tahun 2070. Aku berumur 50
tahun, tetapi kelihatan seperti sudah 85
tahun. Aku mengalami banyak masalah
kesehatan, terutama masalah ginjal karena
aku minum sangat sedikit air putih.
Aku fikir aku tidak akan hidup lama lagi.
Sekarang, aku adalah orang yang paling tua
di lingkunganku, Aku teringat disaat aku
berumur 5 tahun semua sangat berbeda,
masih banyak pohon di hutan dan tanaman
hijau di sekitar, setiap rumah punya
halaman dan taman yang indah, dan aku
sangat suka bermain air dan mandi
sepuasnya.
Sebelumnya, ayahku mencuci mobilnya
dengan menyemprotkan air langsung dari
keran ledeng. Sekarang, anak-anak tidak
percaya bahwa dulunya air bisa digunakan
untuk apa saja.
Aku masih ingat seringkali ada pesan yang
mengatakan:" JANGAN MEMBUANG BUANG
AIR" Tapi tak seorangpun memperhatikan
pesan tersebut. Orang beranggapan bahwa
air tidak akan pernah habis karena
persediaannya yang tidak terbatas.
Sekarang, sungai, danau, bendungan dan
air bawah tanah semuanya telah tercemar
atau sama sekali kering. Pemandangan
sekitar yang terlihat hanyalah gurun-gurun
pasir yang tandus. Infeksi saluran
pencernaan, kulit dan penyakit saluran
kencing sekarang menjadi penyebab
kematian nomor satu. Industri mengalami
kelumpuhan, tingkat pengangguran
mencapai angka yang sangat dramatik.
Pekerja hanya dibayar dengan segelas air
minum per harinya.Banyak orang menjarah
air di tempat-tempat yang sepi. 80%
makanan adalah makanan sintetis.
Sebelumnya, rekomendasi umum untuk
menjaga kesehatan adalah minum
sedikitnya 8 gelas air putih setiap hari.
Sekarang, aku hanya bisa minum setengah
gelas air setiap hari.
Sejak air menjadi barang langka, kami tidak
mencuci baju, pakaian bekas pakai
langsung dibuang, yang kemudian
menambah banyaknya jumlah sampah.
Kami menggunakan septic tank untuk
buang air, seperti pada masa lampau,
karena tidak ada air. Manusia di jaman kami
kelihatan menyedihkan: tubuh sangat
lemah; kulit pecah-pecah akibat dehidrasi;
ada banyak koreng dan luka akibat banyak
terpapar sinar matahari karena lapisan
ozon dan atmosfir bumi semakin habis.
Karena keringnya kulit, perempuan berusia
20 tahun kelihatan seperti telah berumur
40 tahun.
Para ilmuwan telah melakukan berbagai
investigasi dan penelitian, tetapi tidak
menemukan jalan keluar. Manusia tidak
bisa membuat air. Sedikitnya jumlah
pepohonan dan tumbuhan hijau membuat
ketersediaan oksigen sangat berkurang,
yang membuat turunnya kemampuan
intelegensi generasi mendatang.
Morfologi manusia mengalami perubahan...
yang menghasilkan/ melahirkan anak-anak
dengan berbagai masalah defisiensi,
mutasi, dan malformasi. Pemerintah
bahkan membuat pajak atas udara yang
kami hirup: 137 m3 per orang per hari.
[31.102 galon]
Bagi siapa yang tidak bisa membayar pajak
ini akan dikeluarkan dari "kawasan
ventilasi" yang dilengkapi dengan
peralatan paru-paru mekanik raksasa
bertenaga surya yang menyuplai oksigen.
Udara yang tersedia di dalam "kawasan
ventilasi" tidak berkulitas baik, tetapi
setidaknya menyediakan oksigen untuk
bernafas.Umur hidup manusia rata-rata
adalah 35 tahun.
Beberapa negara yang masih memiliki
pulau bervegetasi mempunyai sumber air
sendiri. Kawasan ini dijaga dengan ketat
oleh pasukan bersenjata. Air menjadi
barang yang sangat langka dan berharga,
melebihi emas atau permata.Disini
ditempatku tidak ada lagi pohon karena
sangat jarang turun hujan. Kalaupun hujan,
itu adalah hujan asam.Tidak dikenal lagi
adanya musim. Perubahan iklim secara
global terjadi di abad 20 akibat efek rumah
kaca dan polusi.
Kami sebelumnya telah diperingatkan
bahwa sangat penting untuk menjaga
kelestarian alam, tetapi tidak ada yang
peduli. Pada saat anak perempuanku
bertanya bagaimana keadaannya ketika
aku masih muda dulu, aku
menggambarkan bagaimana indahnya
hutan dan alam sekitar yang masih hijau.
Aku menceritakan bagaimana indahnya
hujan, bunga, asyiknya bermain air,
memancing di sungai, dan bisa minum air
sebanyak yang kita mau. Aku menceritakan
bagaimana sehatnya manusia pada masa
itu.
Dia bertanya: - Ayah ! Mengapa tidak ada
air lagi sekarang ?
Aku merasa seperti ada yang menyumbat
tenggorokanku. ..
Aku tidak dapat menghilangkan perasaan
bersalah, karena aku berasal dari generasi
yang menghancurkan alam dan lingkungan
dengan tidak mengindahkan secara serius
pesan-pesan pelestarian. .. dan banyak
orang lain juga !. Aku berasal dari generasi
yang sebenarnya bisa merubah keadaan,
tetapi tidak ada seorangpun yang
melakukan. Sekarang, anak dan
keturunanku yang harus menerima
akibatnya, Sejujurnya, dengan situasi ini
kehidupan di planet bumi tidak akan lama
lagi punah, karena kehancuran alam akibat
ulah manusia sudah mencapai titik akhir.
Aku berharap untuk bisa kembali ke masa
lampau dan meyakinkan umat manusia
untuk mengerti apa yang akan terjadi...
Pada saat itu masih ada kemungkinan dan
waktu bagi kita untuk melakukan upaya
menyelamatkan planet bumi ini !
Tolong Kirim surat ini ke semua teman dan
kenalan anda, walaupun hanya berupa
pesan, kesadaran global dan aksi nyata
akan pentingnya melestarikan air dan
lingkungan harus dimulai dari setiap orang.
Persoalan ini adalah serius dan sebagian
sudah menjadi hal yang nyata dan terjadi di
sekitar kita.
Lakukan untuk anak dan keturunan mu
kelak
" AIR DAN BUMI UNTUK MASA DEPAN "
Dokumen ini dipublikasi di majalah
"Crónica de los Tiempos" April 2002.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita ABG | Cerita HOT | Cerita ABG ML (foto HOT)

How to Contact Me

Resensi Buku | Review Novel Once Upon a Love by Aditia Yudis