Fanfiction.Net

Fanfiction.Net

Fanfiction.Net adalah sebuah situs untuk menunjukkan kebolehan kamu dalam menulis. Tapi, dalam cerita yang dibuat harus meminjam karakter-karakter ciptaan orang lain, bukan karakter original. Fanfiction.Net biasanya terkenal dengan moto, "Unleash your Imagination" yang artinya jangan ikat anjingmu dengan pengikat anjing. Ups, salah. Maksudnya, kembangkan atau sebarkan imajinasimu menjadi suatu cerita.

Kenapa saya membahas tentang situs ini? Karena saya bergabung dengan situs ini bulan September yang lalu. Jadi, saya cuma tertarik mengangkat situs ini menjadi tema postingan saya kali ini.

Bagi kamu yang baru bergabung, tentunya masih Newbie -seperti saya-. Dan kalau ingin membuat fanfic dan mem-publish-nya, kalian pasti ingin fic anda dibaca dan di-review setiap orang yang membaca.

Tapi, saya akan membahas peraturan menulis fanfic dulu disini:
1. Perhatikan EYD. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar jika ingin mem-publish fic berbahasa Indonesia. Ini juga berlaku bagi bahasa yang lain.
2. Buatlah fic(cerita) anda serapi dan sebaik mungkin.
Well, memang tak ada yang sempurna didunia ini. Tapi, kalau mau memperbaiki tentu saja bisa, kan?
3. Cantumkan disclaimer pada fic anda. Cantumkan nama pembuat original story pada fic yang akan anda buat. Msl: Harvest Moon punya Natsume.
4. Cantumkan kata "TBC" pada akhir cerita yang anda ketik jika masih bersambung. Dan kata "Owari" atau "The End" jika sudah tamat agar tidak menimbulkan kebingungan bagi yang membacanya.
5. Rapikan tata letak tanda baca
6. Usahakan agar Author's Note tidak 'nyempil' pada saat cerita tengah berlangsung. Karena, ada BEBERAPA orang yang suka malas jika melihat A.N. nyempil di tengah cerita. Tapi, jika terpaksa untuk kepentingan cerita, why not?

Nah, kali ini jika anda ingin mendapat review berupa kritik atau apalah..
1. Tinggalkan review juga ke fic author lain yang kamu baca.
Loh, kok jadi gak nyambung? Nggak kok. Jika kamu ingin fic-mu direview orang banyak. Tentu saja, kamu juga harus me-review fic banyak orang juga. Alhasil, ketika fic punya author lain kamu review, dan mereka melihat penname kamu, otomatis mereka juga akan tertarik untuk melihat cerita-cerita punyamu dan berniat balik review juga. Dan ini hasil pengamatan saya sendiri loh. Ada author yang fic-ficnya semua bagus sekaliiiiii(sebut saja namanya B). Saat saya baca ficnya serasa baca novel berkelas gratisan! Hahaha.. Tapi, reviewnya ga begitu banyak amat.. Why? Karena dia jarang meninggalkan review di fic author lain -lagi2 berdasarkan pengamatanku!- Justru ada author(sebut saja N) yg ficnya ga sebagus punya B lah.. Ibaratnya dari 1-10, dimana 1 itu TOTALY BAD and 10 itu TOTALY NICE. Si author B itu 9 and si Author N itu 7. Tapi, reviewnya banyak amat bah! Makanya saya utamakan untuk poin yg satu ini. and mana tau juga ada reviewer lain yang tertarik sama kamu gara-gara review kamu yg bermutu(ga alay) and bisa jadi mereka baca fic kamu and me-review juga. TAPI, jangan berkecil hati jika ada yg ngga me-review kamu, karena kan masing2 punya seleranya.. Hehe..
2. Lihat dan praktekkan peraturan menulis fanfic yang saya tulis diatas tadi, maka pasti fic kamu akan dibaca dan dapat review.

3. Kalau kamu ingin membuat fanfic English, sebaiknya jangan terlalu mengharapkan review banyak, soalny mereka(org luar) itu lebih suka perbuatan ktimbang bicara, TAPI! Kalau kamu punya fic yg english yg dianggap mereka BAGUUUUUSSSS BANGET! jangan heran jika dalam 1 hari reviewnya udah 50 lebih! Walaupun km masih newbie! Beda banget kn sama yg di Indo :P


Jika anda semua tertarik dengan fanfic yang saya buat (tapi jangan marah bila jelek :P) silahkan search di FFn dengan nama "Saruwatari Yumi"

OK, GUYS! Enough now.. I'm tired.. Hihi
:P

THE LAST,
I WANNA WISH YOU A MERRY CHRISTMAS
AND
HAPPY NEW YEAR!
GOD BLESS YOU ALL! :DD
HoHoHoHo . Santa mode

Komentar

  1. ok, arigato. Aku juga newbie. Penname aku yasuna katakushi. Mohon mampir, aku baru gabung di ffn sekitar 2 minggu. Postingannya keren.

    BalasHapus

Posting Komentar

Suka artikel diatas?
Coment please..
Supaya bisa tahu kalau kamu suka and bisa posting artikel seperti ini lagi :)
Thanks for the visit

Postingan populer dari blog ini

Cerita ABG | Cerita HOT | Cerita ABG ML (foto HOT)

How to Contact Me

Resensi Buku | Review Novel Once Upon a Love by Aditia Yudis