Resensi Buku | Review Novel Oppa & I by Orizuka dan Lia Indra Andriana



Judul: Oppa & I
Pengarang: Orizuka dan Lia indra andriana
Tebal: 156 halaman
Penerbit: Penerbit Haru

Sebelumnya, aku udah pernah baca webseries ini di koreanupdates.com, jadi novel ini aku pinjam sama temanku. Hehe.. Aku penasaran dengan apa perbedaannya setelah dijadikan dalam bentuk buku.
Novel yang bertemakan tentang Korea ini, awal ceritanya menceritakan tentang seorang gadis SMA bernama Jae In yang pindah ke Seoul (kembali), setelah lima tahun tinggal di Indonesia dengan Sandy, ibunya. Ia pindah kembali ke Seoul karena permintaan rujuk dari Jae Bin, ayahnya, yang semula di minta cerai Sandy hanya karena iseng(?).

Tapi, sesuai judulnya, fokus utama novel ini ialah hubungan antara Jae In dan saudara kembar sekaligus oppa-nya, Jae Kwon. Jae In yang cuek dan tak menyukai Jae Kwon, alasannya.. karena Jae Kwon memilih berpisah dengan Jae In, juga karena Jae Kwon tak pernah menghubungi Jae In. Alasan itulah yang akan dibahas lebih dalam lagi, dibagian ending novel ini. Hehe.
Selain berpusat pada hubungan Jae In-Jae Kwon, cerita di sekolah SMA mereka juga menjadi bumbu didalam cerita ini. Dimulai dari, Jae In yang tak ingin dikenali sebagai saudara Jae Kwon di sekolah, Jae Kwon yang menjaga image, hubungan Jae Kwon dengan Hye Rin, seonbae-nya, dan banyak lagi..
Walau, aku sudah pernah baca webseries-nya secara online, tapi aku baca ulang lagi bukunya. Cerita yang ringan dan alur yang tidak bertele-tele membuat aku ngga bosan buat baca ulang lagi.

Walaupun, dikarang oleh 2 penulis, tapi ceritanya toh tetap utuh dan cerita per-bab-nya masih nyambung juga.
Selain itu, kalian juga bisa belajar sedikit kosakata Korea karena dibuku itu juga ada terjemahannya. Terkecuali bagi kata-kata Korea yang sudah umum, seperti 'annyeonghaseo', 'oppa', 'eomma' dan lain-lain.
Beda cerita buku ini dengan webseries yang ada di Koreanupdates.com, aku rasa tak ada yang berbeda. Yang menandai beda buku ini, cuma gambar yang ada di setiap bab cerita serta sedikit biografi karakter Jae In dan Jae Kwon di akhir buku.
Tapi, jika kalian pecinta full romance, aku rasa kalian perlu mikir-mikir lagi, jika hendak memiliki buku ini, karena meskipun ada sedikit romance, tapi cerita ini lebih berat ke genre family-nya.

So, My rating 4/5.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita ABG | Cerita HOT | Cerita ABG ML (foto HOT)

How to Contact Me

Resensi Buku | Review Novel Once Upon a Love by Aditia Yudis